Apa Itu Permainan Sepak Bola – Sebagai olahraga terpopuler di dunia, sepak bola mempunyai riwayat panjang yang memikat. Dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja, sepak bola tidak cuma membahagiakan tetapi juga sehatkan badan.
Ada beberapa yang dapat dikupas dari permainan ini. Berikut info komplet sekitar sepak bola yang memikat buat dijumpai.

Pemahaman sepak bola
Sepak bola ialah olahraga dimainkan oleh dua team berisi 11 orang setiap teamnya. Sepuluh orang bertindak selaku pemain yang atur gerakan bola di atas lapangan dan seseorang bekasnya berposisi sebagai penjaga gawang.

Olahraga ini dimainkan dalam dua set. Satu babaknya berjalan sepanjang 45 menit.

Arah khusus di dalam permainan sepak bola ialah menyarangkan bola ke gawang musuh sebanyak-banyaknya sepanjang 2×45 menit dan jaga supaya gawang tidak bungkusukan bola dari team musuh.

Riwayat singkat sepak bola
Riwayat sepak bola kekinian diawali pada pada era ke-18, diikuti dengan berdirinya English Football Association pada 26 Oktober 1863. 2 bulan sesudah organisasi itu berdiri, yakni pada 8 Desember 1863, dibuatlah ketentuan sepak bola kekinian pertama.

Sekian tahun sesudah berdirinya organisasi sepak bola sah pertama di dunia, persisnya di tanggal 21 Mei 1904, liga sepak bola internasional pertama namanya Federation International de Football Assosiation (FIFA) ikut dibuat.

Di Indonesia sendiri, sepak bola pertama kalinya ditenarkan oleh beberapa orang Belanda pada jaman penjajahan.

Organisasi sepak bola yang pertama kalinya berdiri di Indonesia ialah Nederland Indische Voetbalbond (NIVB).

Persatuan Sepak Bola Semua Indonesia (PSSI) sendiri berdiri pada 19 April 1930. Federasi ini menanungi sejumlah organisasi sepak bola wilayah dan sebagai tindak lanjut dari Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928.
Tehnik dasar sepak bola
Untuk dapat bermain sepak bola secara baik dan bawa teamnya jadi juara, seorang pemain harus kuasai tehnik dasar sepak bola berikut di bawah ini:

1. Membawa bola (dribbling)
Untuk dapat bawa bola dekati tempat gawang musuh, pemain harus kuasai tehnik membawa bola atau yang kerap dikatakan sebagai dribbling.

Dribbling dipisah jadi dua, yakni speed dribbling dan closed dribbling.

• Speed dribling
Dilaksanakan dengan menyepak bola ke depan sekalian terus memburu dan mengarahkannya ke gawang musuh atau pemain satu team tujuan. Tehnik ini umumnya digunakan saat sedikit pemain musuh yang merintangi.

• Closed dribbling
Tehnik ini digunakan saat pemain sedang dijepit atau dikepung oleh beberapa pemain dari team musuh. Pada closed dribbling, bola jangan ada terlampau jauh dari badan. Bola harus dijaga ada kurang dari 1 mtr. dari kaki.

Saat bola pertemuan dengan kaki pemain, musuh akan kesusahan merampasnya.

Membawa bola dapat dilaksanakan dengan 3 panduan, yakni memakai kaki sisi dalam, kaki sisi luar, dan punggung kaki.

2. Menyepak bola (kicking)
Menyepak adalah tehnik dasar sepak bola yang terpenting untuk terkuasai. Bila Anda kuasai panduan menyepak bola secara baik, bola dapat bergerak ke yang pas dan kurangi resiko diambil musuh.

Peluang menyarangkan bola ke gawang musuh juga menjadi lebih tinggi.

Pemain yang bagus umumnya menguasasi beberapa tehnik menyepak bola, seperti menyepak memakai kaki sisi dalam, punggung kaki, kaki sisi luar, ujung jemari, sampai tumit.

3. Mengoperkan bola (passing)
Mengoperkan atau mengumpan bola ialah tehnik dasar sepak bola yang harus terkuasai khususnya jika Anda pemain tengah (penyerang) yang perlu menolong membuat gempuran.

Bila dapat mengumpan bola secara tepat, pemain di status dekat gawang musuh akan makin gampang memperoleh bola untuk selanjutnya cetak angka.

4. Sundul bola (heading)
Sundul bola atau heading dapat dilaksanakan untuk mengoperkan bola sampai cetak gol. Pergerakan sundul dapat dilaksanakan untuk buang bola saat bertahan dan menggagalkan serangan team musuh.

Pergerakan sundul dapat dilaksanakan dengan beragam status, sekalian berdiri, melonjak, atau bahkan juga jatuhkan diri. Sisi kepala yang dipakai untuk sundul seharusnya ialah dahi dan bukan sisi ubun-ubun.

5. Hentikan bola (stopping)
Stopping ialah pergerakan yang sudah dilakukan saat kita terima (Situs Judi Piala Dunia) bola dari rekan satu team atau musuh yang keliru arah saat mengoperkan bola. Dengan tehnik hentikan bola yang bagus, Anda jadi dapat mengatur sang kulit bulat supaya tidak gampang lepas.

Untuk hentikan bola, Anda dapat memakai bagian-bagian badan seperti perut, dada, semua sisi kaki, dan paha.

6. Merampas bola (intercepting)
Untuk dapat cetak angka, team Anda perlu serang. Karena itu, Anda perlu kuasai salah satunya tehnik dasar sepak bola yakni intercept.

Bila dilaksanakan secara benar, pergerakan ini akan memberikan keuntungan sebab bisa mengehentikan gempuran musuh sekalian tingkatkan peluang team membuat gol.

Tetapi bila salah melakukan, tehnik dasar sepakbola ini malah dapat memacu pelanggaran.