Inggris akan menghadapi Swedia atau Belgia di semifinal Euro 2022 setelah menang 2-1 atas Spanyol di babak delapan besar; Georgia Stanway mencetak gol kemenangan menakjubkan di perpanjangan waktu di Stadion Amex saat tim Sarina Wiegman bangkit dari ketinggalan satu gol.

Pelatih kepala Sarina Wiegman memuji ketahanan dan kekuatan karakter Wanita Inggris saat mereka bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Spanyol 2-1 dan mengklaim tempat mereka di semifinal Euro 2022.

Spanyol mendominasi sebagian besar pertandingan di Stadion Amex dan memimpin melalui Esther Gonzalez segera setelah turun minum, tetapi gol Ella Toone pada menit ke-84 memaksa tambahan 30 menit sebelum Georgia Stanway mencetak gol kemenangan yang menakjubkan di perpanjangan waktu.

Itu adalah ujian yang jauh lebih berat bagi Inggris, yang melenggang melalui babak penyisihan grup, mencetak 14 gol tanpa kebobolan, dan Wiegman senang dengan penampilan mereka saat mereka membukukan pertandingan semifinal melawan Swedia atau Belgia.

“Saya pikir saya menjadi sedikit gila,” kenang Wiegman, yang absen untuk pertandingan grup terakhir Inggris dan hanya kembali ke ruang istirahat di Amex setelah akhirnya dinyatakan negatif Covid-19 beberapa jam sebelum kick-off.

“Saya sangat senang. Saya mencoba untuk tetap tenang tetapi itu sangat dekat, pertandingan yang bisa saja berjalan dengan baik. Saya sangat senang kami menang.

“Kami menunjukkan ketangguhan, kami menunjukkan bahwa kami bisa bangkit dari ketertinggalan. Sejak menit ke-80, kami mengubah bentuk dan mencetak gol dengan sangat cepat.

“Kemudian kami kembali ke itu, dan di perpanjangan waktu saat kami mencetak gol, kami sedikit lebih baik. Kami sedikit lebih segar, kemudian mereka harus mencetak gol lagi dan mendorong.

“Untuk para penggemar di stadion dan menonton di TV, itu adalah pertandingan yang luar biasa. Para penggemar di sini sangat mendukung kami, itu luar biasa untuk dialami.”

Sekembalinya ke ruang istirahat, Wiegman menambahkan: “Bagi saya, itu adalah hari yang gila.

“Tentu saja, sangat menyenangkan memiliki pertandingan ini dan ini semua tentang permainan dan tim, tetapi saya masih menunggu tes negatif kecil terakhir ini.

“Dari Senin kelihatan bagus, tapi jalan terus. Tadi pagi saya sudah siap berangkat tapi harus menunggu, dan akhirnya sore hari saya bisa berangkat.

“Kami telah menyiapkan dua skenario, satu di mana saya tinggal di hotel dan menonton dan terhubung, dan yang satu ini. Saya sangat senang bisa berada di sini.

“Tentu saja, saya sangat senang bisa memanggil para pemain [secara penuh], tetapi sebagai staf teknis kami memiliki alur kerja yang bekerja dengan sangat baik dan kami sangat terhubung.

Georgia Stanway was already enjoying a solid performance in midfield before popping up with a stunning winner

“Kamu tidak pernah tahu, tetapi hal yang benar seharusnya dikatakan.”

Kehadiran Wiegman tidak diragukan lagi menguntungkan Inggris, pergantian pemainnya terbukti terinspirasi saat Alessia Russo dan Toone bergabung untuk gol penyama kedudukan yang krusial.

“Setiap pertandingan, pemain pengganti memiliki pengaruh,” tambahnya. “Ini menunjukkan kedalaman tim kami, keinginan setiap pemain untuk memulai atau masuk.

“Semua orang juga berada di halaman yang sama sepanjang waktu, dan ingin membuat perbedaan. Saya sangat senang dengan itu. Kami semua mendukung, semua orang tahu tugas mereka, jika tidak, Anda tidak dapat melakukan apa yang Anda lakukan di melempar.

“Saya tidak membuat keputusan sendiri, kami memiliki staf teknis yang mengomunikasikan apa yang ingin kami lakukan sebelum pertandingan dan selama pertandingan kami berbicara tentang skenario – ini juga kerja tim.”