Kesepakatan kriket Aramco lagi membuktikan olahraga

Kesepakatan kriket Aramco lagi membuktikan olahraga akan mengabaikan kenyataan untuk pendapatan
Tempat raksasa minyak di lanskap kriket menunjukkan sekali lagi seni memadukan rezim Saudi ke dalam kanvas olahraga

tiga tahun lalu, Aramco, raksasa minyak yang sebagian besar dimiliki oleh keluarga kerajaan Saudi, mengalami perubahan citra yang halus. Dan halus adalah kata operasi di sini: logo khas perusahaan, bintang putih dengan latar belakang biru dan hijau, tetap di tempatnya. Tapi entah bagaimana warna birunya menjadi sedikit lebih biru, warna hijaunya sedikit lebih hijau, jenis hurufnya melunak menjadi huruf kecil abu-abu, kata “Saudi” dan tulisan Arab di atasnya dihilangkan secara diam-diam.

Ini adalah logo di mana Sam Curran berdiri saat dia bersiap untuk bertanding Inggris melawan Pakistan dalam pemanasan Piala Dunia 20 terakhir mereka pada hari Senin, sedikit tumpukan serbuk gergaji di kakinya. Di tepi perbatasan, sederetan papan reklame Aramco – biru sebiru langit, hijau sehijau kehidupan – berkedip-kedip di malam Brisbane. Curran memeriksa bola di tangannya, meluncurkan pendekatan hop-skip dan mengarahkan pandangannya pada satu set stump bermerek Aramco sekitar 40 yard jauhnya.
Apakah Curran mencatat keberadaan gambar-gambar ini atau pentingnya mereka? Mari kita bermain liar dalam kegelapan: mungkin tidak. Terus terang, mengapa Anda? Untuk eksis sebagai pemain kriket internasional pada tahun 2022 berarti dengan polos dihias dengan campuran kata-kata dan ikon yang tidak dapat dipahami: beberapa disetrika di bagian depan baju Anda, beberapa dilukis di rumput di bawah kaki Anda, beberapa mengacaukan pinggiran pemain Anda. -cek pertandingan. Ini hanya flora dan fauna di dunia Anda. Mengharapkan seorang pemain untuk mempertanyakan atau bahkan menelitinya seperti meminta pendapat Guernica dari seekor semut yang merayap di permukaannya.

Begitu saja, mulus dan tanpa pengawasan, Aramco menyelinap ke dalam ruangan, menarik kursi dan menyatu dengan kanvas. Hanya beberapa hari yang lalu Dewan Kriket Internasional mengumumkan pemberian salah satu sponsor tingkat atas kepada perusahaan yang diperkirakan bertanggung jawab untuk mengekstraksi minyak yang telah menghasilkan lebih dari 4% emisi gas rumah kaca dunia sejak tahun 1965, yang telah mencatat keuntungan besar sebagai akibat dari invasi Rusia ke Ukraina, yang dimiliki oleh rezim yang telah menyetujui penggunaan penyiksaan dan pembunuhan secara luas untuk tujuannya sendiri.

Namun, siaran pers ICC adalah tentang melihat ke depan. Ada banyak referensi untuk fokus pada “keberlanjutan dan inovasi”, dengan mesin daur ulang Aramco akan dipasang di semua tujuh lapangan Piala Dunia T20. “Kami senang menyambut Aramco ke dalam keluarga mitra global ICC,” kata kepala eksekutif, Geoff Allardice, dengan semua kebanggaan berseri-seri dari seorang pria yang merasa dia tidak kehilangan otoritas moral sisa yang mungkin dimiliki ICC. memiliki hak asasi manusia, kesetaraan gender atau krisis iklim, tetapi mendapatkan seorang putra.

Apa ini bukan perubahan laut atau persimpangan garis merah. Kami juga tidak hanya mengacu pada infiltrasi bertahap uang tercemar ke dalam kriket, dari rezim represif hingga pencemar massal hingga perusahaan cryptocurrency dengan jejak lingkungan yang masif dan bencana. Salah satu produk sampingan dari rangkulan aliran pendapatan yang tidak bermoral adalah cara kata-kata dan pesan menjadi terpisah dari maknanya, cara administrator dan badan pengatur semakin mengeluarkan pernyataan yang begitu terlepas dari kenyataan sehingga pada dasarnya tidak masuk akal. Ada dua kata yang anehnya tidak ada dalam pengumuman ICC tentang sponsor minyak Saudi. Salah satunya adalah “minyak”, dan yang lainnya adalah “Saudi”. Apakah kita pikir mereka tahu? Haruskah seseorang memberi tahu mereka?

Kemungkinan rata-rata pemirsa Piala Dunia pada dasarnya tidak menyadari asal usul kata kecil yang tidak menyinggung ini yang terpampang di tengah, membungkus tali batas, dicetak pada mesin daur ulang. Dengan cara seperti itu, kata “Aramco” secara sederhana dan tanpa bahaya diserap ke dalam alam bawah sadar leksikal kriket: maksimum DLF, Popchips Supercharger, pemain pertandingan Aramco Anda.